cara setting mesin jahit

MESIN JAHIT JARUM SATU (singgle needle)

image

Mesin jahit jarum satu (singgle needle) adalah mesin jahit yang menggunakan satu jarum. Jenis jarumnya adalah DBX1.
Karena jenis mesin ini adalah lock stich, maka mesin ini membutuhkan sekoci dan sepul.

Setting mesin jahit jarum satu sebenarnya tidaklah sesulit yang kita kira. Hanya berbekal obeng min aja bisa. Langkah pertama adalah buka sepatu nya. Kemudian buka baut platnya. Di situ akan terlihat rotary atau kuku macannya. Kemudian kendorkan baut rotarinya, tapi jangan sampai kendor sekali. Usahakan baut agak kencang sedikit. Lalu putar hand whell (puli) berlawanan arah jarum jam sampai posisi jarum berada pada titik mati bawah.

Posisi jarum adalah lobang jarum menyentuh bobbin case. Lalu putar sedikit hingga jarum bergerak ke atas sedikit. Disini posisikan ujung rotary ato kuku macan menempel ke jarum. Dan atur supaya ujung rotary berada 2 mm di atas lubang jarum.

Kemudian kencangkan baut rotary. Hati-hati jangan sampai posisi rotary bergeser. Lalu pasang platnya. Trus pasang sepatunya. Pasangi mesin dengan benang. Coba putar perlahan satu putaran apkah benang spul bisa terangkat (mancing) ke atas. Setalah di pastikan oke, coba jalankan perlahan. Jika ada rajutan di kain, itu berarti anda berhasil.

SELAMAT MENCOBA

(Ariel Mekanik)

Tinggalkan komentar